Bank Sampah Arta Limbah, Membuat Jamban dengan Sampah

0
187

Latar Belakang:

Bank Sampah Arta Limbah, berada di Desa Druju Rt 13 Rw 03 Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Meskipun baru berdiri pada awal tahun 2018, dengan kepengurusan yang solid dan komitmen untuk menumbuh kembangkan sampah yang bernilai ekonomis, bank sampah ini mampu mempunyai ratusan nasabah.

Bank Sampah ini mempunyai sistem tabungan untuk nasabah, seperti bank sampah pada umumnya yaitu Tabungan Hari Raya, Tabungan Lingkungan, Tabungan Pendidikan.

Sisi lain, di Desa Druju, terdapat 400 warga yang belum memiliki jamban. Untuk mengatasi masalah kebersihan dan kesehatan ini bank sampah mempunyai program  baru Membuat Jambang dengan Sampah.

 

Inovasi:

Pembangunan jamban masyarakat dengan pembiayaan kridit dari bank sampah dengan angsuran berupa setoran sampah.

Proses:

Bank sampah bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Druju, membiayai pembangunan jamban dengan cara mengangsurnya di Bank Sampah Arta Limbah. Bank sampah akan mengajukan talangan dana kepada Pemerintah Desa Druju, untuk membangun jamban, dan nasabah akan mengangsur biaya pembangunan jamban dengan cara menyetorkan sampah.

 

Hasil:

Dari 400 warga yang tidak mempunyai jamban, sudah ada puluhan nasabah bank sampah yang telah berhasil dibangunkan jamban di dalam rumahnya.

 

Pembelajaran:

Bank sampah tidak hanya menjadi wadah untuk menangani sambah yang mengubah menjadi uang, tetapi juga dapat dipergunakan sebagai wadah untuk menyelesaikan masalah sosial, lingkungan, dan kesehatan, contohnya dapat menjadi solusi permaslahan jamban.

Butuh pengelolaan yang cerdas agar kreatifitas kegiatan bank sampah berdampak lebih luas.

 

Rekomendasi:

Sosialisasi dilakukan terus menerus, agar kesadaran pengelolaan sampah dan pemanfaatannya bisa tersebar luas, melalui Kelompok PKK, Jamaah Tahlil, dan juga Jamaah Istighotsah.

 

Kontak Informasi:

085101410447

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here