TRANSFORMASI PETANI BUDIDAYA MENUJU PETANI PENGUSAHA

0
175
??

Ringkasan

Latar belakang Desa Ngantru Kecamatan Ngantang sebagai daerah pertanian menjadi alasan kuatnya organisasi Kelompok Tani. Visi yang dipraktikan Kelompok Tani Gemah Ripah untuk mensejahterakan anggota merupakan langkah-langkah inovatif. Aset yang dimiliki berupa uang khas mencapai Rp. 470.000.000,-.

Latar Belakang

Kecamatan Ngantang dianugerahi Sumber daya alam yang luar biasa salah satunya Desa Ngantru yang berada di lokasi ketinggian berkisar di angka 600-700 meter diatas permukaan laut secara umum sangat cocok untuk usaha pertanian padi dan berbagai macam tanaman jenis hortikultura seperti kentang, bawangmerah, cabaidan sayuran lainnya (kubis, tomat, buncis). Berdirinya Kelompok Tani menjadi kebutuhan penting untuk peningkatan hasil pertanian yang dapat mensejahterakan. Kelompok Tani Gemah Ripah yang berdiri tahun 1999, pada 17 Desember 2015 telah terdaftar resmi dengan Surat Akta Notaris No.12 tanggal 17 Desember 2015, dan SK KEMENKUMHAM Republik Indonesia Nomor AHU 0002429.AH.01.07.

Visi Kelompok Tani Gemah Ripah adalah menjadi kelompok tani yang mandiri inovatif dan sejahtera. Sedangkan misinya adalah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia petani anggota, memfasilitasi petani anggota dalam usaha pertanian, meningkatkan produktivitas pertanian, memperluas akses pasar dan mengembangkan kemitraan, mewujudkan diversifikasi hasil pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan anggota dan bermanfaat untuk sekitar

Inovasi

Praktik-praktik pensejahteraan petani yang dilakukan Kelompok Tani Gemah Ripah Desa Ngantru Kecamatan Ngantang.

Proses Inovasi

Pada tahun 2015 Kelompok tani Gemah Ripah terdaftar di KEMENKUMHAM dan menjadi binaan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Pertanian Kabupaten Malang dan Bank Indonesia Malang. Pembinaan peningkatan kualitas dan produktivitas, pelatihan Integrated Eco Farming, pendampingan penanggulangan hama, inovasi peningkatan nutrisi tanaman, diversivikasi produk untuk makanan olahan hortikultura dan pengembangan inovasi budidaya pembenihan kentang (studi lapang).

??

Anggaran Kegiatan

  1. Iuran anggota dengan awal Rp.5000,- per dan bermitra dengan perusahaan Multinasional seperti INDOFOOD, BRI dan BI .
  2. Pemerintahan Desa Ngantru (APBDes) untuk infrastruktur di lahan pertanian.

Pembelajaran

1. Pemberdayaan petani melalui KelompokTaniGemahRipah II beranggotakan 94 orang dengan luas lahan garapan mencapai ±49,225 Ha yang terdiri dari luas lahan kering 28,725 Ha dan luas lahan –lahan basah sekitar 20,500 Ha.

2. Kelompok tani dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di daerah sekitar, Kondisi saat ini : Produktivitas (kentang 36 ton/ha, bawangmerah 18 ton/ha, cabai 15 ton/ha),

3. Kerjasama dengan bank dapat membuka akses pembiayaan.

4. Peningkatan hasil paska panen dengan diversivikasi produk berupa: keripik kentang, makanan olahan cabai,

5. Kelompok tani mampu melakukan pembelajaran untuk melakukan pembenihan kentang.

6. Memiliki kemampuan pengelolaan keuangan (Kas anggota mencapai Rp.470.000.000,-).

Rekomendasi

Kelompok Tani memberikan solusi pengelolaan pertanian dengan program-program yang terencana dan terukur.

Kontak Penanggung Jawab Inovasi

Ketua Kelompok Tani GEMAH RIPAH II : Bapak Supriyo, telp : 082230238177

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here