BATIK ECO PRINT SEMILIR ANGIN DESA SUMBERKERTO

0
147

RINGKASAN

Desa Sumberkerto memiliki potensi bahan dasar batik ecoprint. Produksi batik ECO PRINT sebagai salah satu alternatif kegiatan kreatifitas masyarakat Desa Sumberkerto selain untuk mengenalkan product handmade Desa tersebut juga sebagai kegiatan untuk menekan angka penganguran.

LATAR BELAKANG

  1. Desa Sumberkerto yang berada di sebelah timur merupakan salah satu Desa di Kecamatan Pagak yang mempunyai jumlah penduduk kurang lebih 4446 jiwa dengan sebagian besar masyarkatnya bekerja di sektor pertanian dan perkebunan, dengan kondisi ini sangat memungkinkan masayarakat untuk memproduksi dengan methode EcoPrint
  2. Potensi Sumberdaya alam Desa Sumberkerto yang banyak di menghasilkan bahan dasar batik ecoprint
  3. Batik Ecoprint sebagai salah satu andalan product unggulan Desa Sumberkerto

INOVASI

BATIK SEMILIR ANGIN ECOPRINT sebagai produk kreatif dan Inovatif dari Desa Sumberkerto dengan memanfaatkan bahan yg ada di sekitar dan ramah lingkungan.

PROSES

Salah satu proses pembuatan batik ecoprint semilir angin asal Desa Sumberkerto Pagak. Dengan methode pewarnaan di ambil dair bahan alami di antaranya adalah sabut kelapa (cetteng) dan pewarna dari daun atau akar akaran yang tumbuh di Sumberkerto, begitu juga dengan methode membatiknya atau proses mengambar juga langsung dari beberapa dedaunan yang memiliki motif berbeda kemudian di tempelkan pada kain, tidak menggunakan canting, Daun yg di pakai di antaranya pupus daun jati dan pupus daun jarak.

Selanjutnya di proses dengan memanaskan kain dengan cara di kukus.

Ini adalah salah satu contoh produk kreatif dan Inovatif dari Desa Sumberkerto dengan mengunakan dan memanfaatkan bahan yg ada di sekitar dan ramah lingkungan mengingat Sumberkerto adalah salah satu Desa yang bisa menjaga potensi kekayaan alamnya.

PEMBELAJARAN

Proses pembuatan BATIK SEMILIR ANGIN ECOPRINT dapat meningkatkan daya kreatifitas ibu-ibu Desa Sumberkerto, selain itu juga memperkaya product unggulan yang ada di Desa Sumberkerto.

REKOMENDASI

  1. Peran serta Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten untuk mensupport pada manajemen marketing BATIK SEMILIR ANGIN.
  2. Dibutuhkan Peningkatan skill dan inovasi dalam pengembangan design BATIK SEMILIR ANGIN.

PENDANAAN

SWADYA PKK dan Dana Desa 2018

CONTACT INFORMASI

Nur Wahyuni 081334954339

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here