KAWASAN BERSERI: “PUNGLOR BARBADOS”

0
247

Ringkasan      :

Desa Selamet menyadari permasalahan sampah menjadi prioritas penangananya. Pada tahun 2018 Pemerintah Desa, organisasi kempemudaan, dan pegiat desa mencetuskan ide kreatif bernama “Kawasan Berseri”.Kawasan ini mereka sebut “Punglor Barbados”. Kegiatan inovatifnya meliputi, a) Pengolahan sampah organik (biopori dan komposter), b) Pengolahan sampah unorganik (Bank Sampah), c) Eduakasi dan sosialisasi masyarakat tentang pemilahan sampah, d) Tanaman Toga, dan e) Kerajinan berbahan dasar sampah.

LatarBelakang          :

Sampah menjadi permasalahan kita bersama, untuk Kabupaten Malang sampah yang dihasilkan mencapai 1004,86 ton per hari. Penyumbang sampah terbesar dari rumah tangga mencapai 777,96 ton perhari. Disusul sampah dari pasar-pasar tradisional sebanyak 110,90 ton per harinya.

Kepadatan penduduk desa Slamet, juga menyumbang permasalahan sampah. Pemerintah Desa memeiliki kepedulian masalah tersebut. Desa Slamet juga memiliki organisasi kemasyarakatan yang peduli ada lingkungan hidup, seperti organisasi pemuda dan pegiat desa.

Atas dasar latar tersebut, desa Slamet membangun gerakan sosial penaggulangan sampah yang dimulai dari diri sendiri, lingkungan terdekat, dan lingkungan yang lebih luas. Efek domino membuat sedikit demi sedikit permasalahan sampah menjadi dapat terselesaikan.

Inovasi:

Menciptakan Kawasan Berseri untuk menanggulangi permasalahan sampah secara integratif di Desa Selamet Kecamatan Tumpang. Kegiatan inovatif ini disamping untuk menjamin kebersihan lingkungan juga produksi kerajinan berbahan sampah.

Proses             :

  1. Terwujudnya Kawasan Berseri berawal dari sebuah permasalahan ekonomi menjadi sebuah inisisatif sampah menjadi sebuah solusi. 
  2. Penggiat desa yang berprofesi guru PAUD di desa Selamet mendapati permasalahan salah seorang wali murid dalam membayar iuran sekolah PAUD bagi anaknya. Permasalahan tersebut dipecahkan dengan menggunakan sampah plastik sebagai solusi.
  3. Ide tersebut ditangkap Pemerintah Desa Selamet menjadi gerakan yang melibatkan Karang Taruna, pengiat desa,dan Pemerintah Desa.
  4. Terwujud Kawasan Berseri  “Punglor Barbados“, yaitu kawasan satu dusun dan dua RT pengolahan dan penanganan sampah menjadi sampah produktif.

HasilCapaian             :

Terwujudnya kawasan bebas sampah sebagai kawasan berseri, kawasan edukasi untuk pengolahan sampah menjadi sampah produktif, bank sampah, kreatifitas berbahan dasar sampah plastik, pembuatan biopori dan komposit, ruang terbuka hijau aktif sebagai sarana penanaman tanaman TOGA.

Pembelajaran                        :

Menarik dan meningkatkan kesadaran pribadi dan masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dengan mengelola sampah secara mandiri dan bernilai ekonomi.

Rekomendasi             :

  1. Perlunya keterlibatan aktif masyarakat lebih luas dalam mewujudkan kawasan desa yang bersih bebas sampah.
  2. Perlunya menjalin kerjasama dengan pihak-pihak lain atau Pemerintah untuk mengembangkan Kawasan Berseri.

Pendanaan                 :

Pemerintah Desa Selamet.

KontakInformasi      :

Alamat :d.a. Kantor Desa Selamat Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here