Karang Taruna Dharma Bakti Desa Talangsuko Kecamatan Turen “Wadah Pembentukan Kader-Kader Tangguh dan Peduli Kemajuan Desa”

0
212

Ringkasan

Penguatan Karangtaruna Desa Talangsuko Kecamatan Turen dalam bidang strategis; bidang Kesejahteraan Sosial, bidang Kerohanian, bidang pendidikan dan bidang kewirausahaan. Semua bidang garapan Karang Taruna Dharma Bakti Desa Talangsuko tersebut berjalan dan menjadi kebanggaan warga masyarakat. Produktifitas yang tinggi dalam berkegiatan tersebut akhirnya berbuah positif, yaitu mendapat penghargaan menjadi juara pertama dalam Lomba Karang Taruna Tingkat Nasional.

LatarBelakang

Desa Talangsuko KecamatanTuren, aktifitas ekonomi warganya sebagai; petani padi dan tebu, usaha beton cor cetak,dan garam beryodium. Sebagai desa yang dilalui jalan poros propinsi tidak lepas dari permasalahan sosial.

Pembentukan dan penguatan Karang Taruna “Dharma Bakti” pada tahun 2015 bertujuan untuk ikut memecahkan masalah sosial dan perekonomian desanya. Untuk mencapai tujuan tersebut Karang Taruna memfokuskan programnya pada bidang strategis pemecahan masalah sosial pemuda, sebagai penjabaran visi visi membina dan mengembangakan kreatifitas generasi muda yang berkelanjutan serta mewujudkan generasi yang beriman mandiri, tangguh, terampil serta berkualitas.

Inovasi

Penguatan Karang Taruna Dharma Bakti DesaTalangsuko Kecamatan Turen dengan program kerja di lima bidang strategis, untuk memecahkan berbagai persoalan sosial di desa serta menjadi wadah pemuda dalam mengembangkan kreatifitas dan menyalurkan keahliannya.

Proses

  1. Karang Taruna Dharma Bakti dibentuk melalui musyawarah pemuda desa Talangsuko dan ditetapkan dalam Surat Keputusan Kepala Desa.
  2. Karang taruna menuangkan visi dan misinya dalam program-program:
  3. Bidang Kesejahteraan Sosial; Penggalian dana sosial, Rehab Rumah Tinggal Layak Huni, Penyaluran rastra, Pembuatan Sanitasi (MCK) bagi rumah tangga miskin. Sumber anggaran dari iuran pengurus, pemerintah desa, pengusaha-pengusaha Talangsuko. Juga bermitra denganKomunitasTuren Bersatu, bidan desa dan RS. PT. Pindad.
  4. Bidang Pendidikan;Taman Baca Masyarakat (pendampingan kegiatan anak-anak belajar membaca dan berkreasi), pelatihan P3K kerjasama dengan SKIES Kepanjen,Pelatihan Pembuatan Beton Cor kerjasama dengan Turen Indah Group
  5. Bidang Rekreasi, Olahraga dan Kesenian;rekreasi setiap tahunnya. Rekreasi ini digunakan untuk membangun emosional pengurus. Olahraga rutin;sepakbola, bulutangkis, voly dan tenis meja. Kegiatan kesenian bersama warga masyarakat mendirikan Drum band Umar Al Faruq, Drum band Halmahera, Drum band Cakra Nada, Kuda lumping Turonggo Satrio Budoyo, Al- Banjari Al-Amin, Orkes Nababa, dan Sakera Fi Sabillillah.
  6. Bidang Keagamaan, peringatan Hari Besar Islam.
  7. Bidang Kewirasusahaan;memiliki 3 unit usaha; Produksi Cetakan Beton Buis, servis dan perakitan Dinamo berbagai macam peralatan elektronik seperti kipas angin, pompa air dan kendaraan bermotor.

Pembelajaran

  1. Karang Taruna Dharma Bakti mampu menyusun perencanaan strategis dan melaksanakannya dengan sukses.
  2. Organisasi karang taruna desaTalangsuko dapat menjadi wadah pembentukan kader-kader desa yang tangguh dan tanggap terhadap kebutuhan desanya.

Rekomendasi

  1. Support dan dukungan dari pemerintah desa mutlak diperlukan dalam bentuk anggaran operasional, dan akses terhadap program-program kepemudaan Pemerintah yang bermanfaat untuk pengurus,anggota, dan masyarakat desa.
  2. Dukungan dari pemilik usaha dagang (UD) tersebar di Desa Talangsuko untuk menampung hasil produksi cetakan beton buis untuk meningkatkan volume produksi dan omset.
  3. Perlunya akses ke dinas pendidikan untuk penguatan dan pengembangan Taman Baca Masyarakat (TMB).

Pendanaan

  1. Dana Pembinaan yang bersumber dari Dana Desa mulai 2015-2108
    1. CSR dari 10 Pengusaha Cetakan Beton Cor yang ada di DesaTalangsuko
    1. Iuran rutin anggota 1 bulan sekali
    1. Sharing profit dari unit usaha yang berjalan 15-20 % dari laba.

Kontak Informasi

Andri (ketua Karang Taruna Dharma Bakti Desa Talangsuko)

No. HP/WA : 081216448524

Burhanuddin (Kepala Desa Talangsuko)

No HP/WA : 081235001219

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here