Budidaya Rumput Taman di Pekarangan Rumah, Sumber Kemakmuran Yang Tak Pernah Bosan

0
98

Ringkasan

Desa Sukolilo Kecamatan Wajak memiliki potensi budidaya tanaman rumput taman. Setelah dialkukan analisa usaha, dilakukan kegiatan inovatif budidaya rumput taman di pekarangan rumah. Hasilnya, mempercantik lingkungan rumah, menyerap tenaga kerja, dan meningkatkan ekonomi masyarakat

Latar Belakang

Pekarangan rumah di Desa Sukolilo rata-rata cukup luas. Ketersediaan air cukup. Penduduknya sebagian besar bekerja bercocok tanam.

Muncul gagasan, kemudian berkembang di masyarakat, untuk budidaya rumput taman, karena kebutuhan pasarnya cukup besar: di perumahan, kantor, taman, dll.

Analisa usahanya, harga jual rumput minimal Rp. 7.000,- per meter persegi. Jika warga punya lahan pekarangan 5 x 10 meter saja, maka tiap panen akan memperoleh Rp. 350.000,- dikurangi biaya produksi dan pemeliharaan Rp. 200.000,- maka warga akan mendapat keuntungan Rp. 150.000,-. Untuk masa panen 1,5 bulan sampai 2 bulan.

Inovasi

Budidaya rumput taman di pekarangan rumah untuk mengembangkan ekonomi masyarakat Desa Sukolilo Kecamatan Wajak.

Proses

  • Karena latar belakang dan hasil analisa usaha yang menguntungkan, masyarakat Desa Sukolilo memiliki gagasan dan melaksanakan budidaya rumput taman di pekarangan.
  • Masyarakat membudidaya, melakukan perawatan, memanen, dan penjualan sendiri rumput taman.

Pembelajaran

Pembudidayaan rumput taman dipekarangan rumah,dapat dipetik beberapa pembelajarannya, yaitu:

  1. Penanaman rumput selain untuk mempercantik dan memperasri rumah juga dapat dijadikan sumber ekonomi warga.
  2. Budidaya rumput taman menyerap tenaga kerja yang cukup tinggi, sehingga angka  pengurangan di Desa Sukolilo sangat minim.
  3. Munculnya para pengusaha/pemborong taman dan tanaman rumput taman yang sukses di Desa Sukolilo.

Rekomendasi

  • BUMDes harus terlibat aktif dalam mendorong kegiatan budiadaya rumput taman mulai dari produksi sampai distribusi sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa.
  • Mendorong desa dan BUMDes agar rumput taman menjadi ikon Desa Sukolilo dan menjadi sentra pembudidayaan dan pemborong utama pengerjaan proyek-proyek pertamanan di Indonesia.

Kontak Informasi

Kepala Desa Sukolilo: (Bapak Joni Arifin-082131073736)

Ketua Unit Usaha BUMDEs Bejo: (Zainul Abidin-085235067786)

TPID Kec. Wajak: (Dina-085855424299)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here