PANTAI NGUDEL untuk DESA

0
43

RINGKASAN

Pantai Ngudel terletak di Desa Sindurejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Aksesnya baru dibuka pada tahun 2013 oleh Pemerintah Desa. Upaya itu membuahkan hasil sejak tahun 2016; Pantai Ngudel sebagai destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan, dan berdampak pada perekonomian Desa Sindurejo.

Latar Belakang

Pada awalnya, sebelum tahun 2013 Pantai Ngudel tidak dilirik oleh masyarakat setempat sebagai Destinasi wisata yang Potensial. Masyarakat beranggapan bahwa Pantai Ngudel ini sebagai pantai biasa yang akses jalannya sangat sulit untuk dilewati ole kendaraan. Namun berkat program Pemerintah Desa untuk memaksimalkan potensi alam yang ada, dengan membangunan infrastruktur menuju Lokasi tempat Wisata.Hal ini mendorong masyarakat untuk membangun bersama-sama Pantai Ngudel menjadi wisata unggulan di Kabupaten Malang.

Nama Pantai Ngudel mulai ramai sejak tahun 2016, setelah proyek Jalur Lintas Selatan selesai dibangun.

INOVASI

Untuk meningkatkan ekonomi desa Sindurejo, Pemerintah Desa melakukan inovasi dengan membuka akses ke Pantai Ngudel ini sebagai dinasti wisata.

PROSES

  1. Ide pembukaan pantai Ngudel sebagai dinasti wisata oleh pemerintah Desa Sindurejo menjadi perencanaan pembangunan desa Sindurejo dalam musyawarah Desa prencanaan penyusunan Rencana Pembangunan Menengah Desa (RPJMDes) Desa Sindurejo 2013-2019.
  2. Pembentukan TIM pelaksana kegiatan yang di beri nama WARNA JATI AGUNG desa Sindurejo.
  3. Tim bertugas merencanakan kegiatan, pembagian tugas, mengkoordinir dan memanatau pelaksanaan proyek Pantai Wisata.
  4. Menjalin kerja sama dengan Perhutani.
  5. Pada Tahun 2015 Panati Ngudel resmi di buka untuk umum dan bagi warga Desa Sindurejo di beri izin membuka lapak di sekitaran panatai dan di fasilitasi ole Pemerintah Desa.

PEMBELAJARAN

            Pembukaan akses ke Pantai NGUDEL di Desa Sindurejo dapat meningkatkan pendapatan Desa dan dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat yang umumnya tingkat ekonimnya menengah kebawah.

 REKOMENDASI

  1. Perlu tata kelola berdasarkan peraturan yang mengikat untuk ketertiban wilayah pantai dan menjaga keasrian pamtai Ngudel.

PENDANAAN

Dana Desa Tahun 2015

KONTAK

SUKIANTO

NUR WAHID = 0822 3222 3262

MISNAN (KADES SINDUREJO) = 0823 3173 0731

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here