Wisata Boon Pring di Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang

0
1843

Nama Inovasi Wisata Boon Pring
Pengelola Masyarakat dan Pemerintah Desa
Lokasi Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.
Kontak Person Subur
Telepon / HP (0341)824006
Jabatan Kepala Desa

 

Sanankerto adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Berdiri pada tahun 1910, pada saat itu juga ditemukan sumber air pohon pring dan sudah ada waker (penjaga hutan) yang digaji dari bengkok desa. Hal tersebut menandakan bahwa nenek moyang masyarakat sudah melakukan konservasi alam sejak dahulu. Pembuatan embung desa pada 1980, dan pada 2014 dilakukan perluasan embung ari dinas perairan untuk irigasi.

Sementara pada 2016 pembentukan BUMDEsa terkait usaha wisata boon pring dengan harapan akan menjadi icon kabupaten, serta destinasi wisata tingkat nasional. Banyak pihak juga telah mengapresiasi wisata ini antara lain pemerintah kabupaten, kemendesa, dan kemenpar. Pada 2017 dana desa juga diikutsertakan menjadi modal dengan harapan ada peningkatan wisata dan bisa menyumbang kepada PADes nantinya. BUMDesa dan ekowista boonpring merupakan wujud optimalisasi penggunaan dana desa menuju kemandirian dan kesejahteraan desa.

Wisata boon pring ini telah memberikan banyak manfaat terhadap warga sekitar, salah satunya yaitu masarakat dapat mengekspresikankreativitas dan bakat yang mereka miliki. Adapun contoh keterampilan warga yaitu pembuatan asbak dari bambu atau ukiran kayu, dengan harga yang bervariatif mulai 25.000an hingga ratusan ribu. Selain itu adanya wisata ini telah membuat ekonomi masyarakat tumbuh dengan adanya homestay untuk wisatawan dan juga adanya KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari). (DY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here