Pemanfaatan Hutan Pinus sebagai Wisata Sumbersuko Forrest Park di Desa Sumbersuko Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang

0
3776

Nama Inovasi Pemanfaatan Hutan Pinus sebagai Wisata Sumbersuko Forrest Park di Desa Sumbersuko Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang
Pengelola Pemuda desa (KarangTaruna), Pemerintah Desa, dan Inovator
Lokasi Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang
Kontak Person
Telepon / HP
Jabatan

 

Sumbersuko adalah satu dari 12 desa yang ada di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Letaknya yang berada di lereng gunung membuat desa ini memiliki keindahan alam berupa hutan pinus. Hal tersebut memotivasi para pemuda untuk menyulap hutan pinus menjadi kawasan wisata yang indah.  Meskipun akses jalan ke desa tergolong sulit karena topografi desa namun tidak menyulutkan semangat dikarenakan sebaran hutan pinus dibeberapa lokasi desa.

Manfaat Sumbersuko Forrest Park untuk desa yaitu mendatangkan keuntungan bagi Karang Taruna yang mengelolanya. Semua ini dipromosikan di jejaring sosial dengan bantuan profesional uphilltechno.com. Selain desa, pengunjung juga mendapatkan keuntungan dari wisata ini, yaitu waktu  kunjung yang lama membuat pengunjung bebas memilih jam kunjung.

Adanya kerjasama yang baik antara pemerintah desa dan pemuda desa terus berusaha dijalin. Namun demikian, masih ada beberapa hal untuk mendukung kegiatan ini, antara lain : pendanaan dari pemerintah desa dari segi sarana dan prasarana  masih sangat dibutuhkan, perlu adanya perbaikan jalan yang masih licin akibat hujan, dan kepedulian warga dalam bentuk gotong royong untuk membantu menyelesaikan pembuatan kawasan Sumbersuko Forrest Park menjadi wisata yang layak, bersih dan alami.  (DY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here