Pompa Air ala Jokowi

0
440

Ringkasan

Pompa air ala Jokowi merupakan pemecahan masalah mendasar yang dihadapi oleh masyarakat Desa Tamanasri berupa kebutuhan air bersih.

Sebelumnya, masyarakat desa memenuhi kebutuhan air sehari-hari melalui sumur yang seringkali kering saat kemarau dan kurang bersih pada saat musim hujan. Penggunaan mesin pompa berbahan bakar minyak untuk penyaluran air dari sumber berbiaya mahal.

Jokowi, Kepala Desa Tamanasri memiliki ide dan melaksanakan pembangunan saluran air bersih yang disebut dengan Pompa Air ala Jokowi.

Latar Belakang

Disebut pompa air ala Jokowi karena diciptakan oleh Joko Widodo, kepala Desa Tamanasri kecamatan Ampelgading. Berawal dari permasalahan air bersih di dua RT kawasan Gunung Batok (700 mdpl). Kawasan perbukitan dan jauh dari permukiman masyarakat lainnya.

Sebelumnya, untuk memenuhi kebutuhan dasar, air bersih, masyarakat mengalirkan air ke kawasan ini dengan mesin pompa berbahan bakar minyak. Cara ini boros biaya, padahal ekonomi masyarakat tergolong kelas menengah ke bawah. Masalahnya masih aliran air cenderung tidak lancar.

Proses

Untuk mengatasai masalah air bersih di kawasan Gunung Klotok, diambil langkah-langkah:

  1. Kepala Desa Tamanasri, Joko Widodo, memiliki ide dan merencanakan untuk memanfaatkan sumber air yang tidak jauh dari aliran sungai. Air bersih dari sumber rencananya disalurkan ke kawasan yang lebih tinggi menggunakan pompa. Pompa air tersebut digerakkan dengan turbin yang diputar oleh aliran air sungai.
  2. Sosialisasi ide kepada masyarakat, hasilnya dibentuk tim sebanyak 10 orang, yang dikoordinir sendiri oleh Joko Widodo.
  3. Pembangunan instalasi turbin, dan pipanisasi, memakan waktu beberapa bulan dengan cara uji coba (trial-error). Dan menyisakan tim tinggal 3 orang.
  4. Program ini berhasil memenuhi kebutuhan air bersih warga Gunung Klotok dengan biaya murah dan suplai air lancar.

Hasil Capaian

  1. Pompa Air ala Jokowi berhasil memenuhi kebutuhan dasar air bersih masyarakat Gunung Klotok dan beberapa wilayah Desa Taman asri lainnya,
  2. Untuk perawatan instalasi masyarakat memberikan kontribusi iuran sebesar Rp-5.000,- sampai Rp.6.000,- per meter kubik (M3).

 

Rekomendasi

  1. Pompa air ala Jokowi ini efektif, dan murah, untuk memenuhi kebutuhan dasar air bersih masyarakat di wilayah pegunungan,
  2. Membutuhkan sumber air yang cukup dan aliran sungai untuk menggerakkan turbin,
  3. Dapat dijadikan prioritas dalam perencanaan pembangunan di desa.

 

Nama Inovasi Pompa Air Ala Jokowi
Pengelola Masyarakat
Lokasi Desa Tamanasri Kecamatan Ampelgading Kab. Malang
Kontak Person Joko Widodo
No. HP 081217466590
Jabatan Kepala Desa

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here