Desa Literasi Gampingan

0
63

Latar Belakang

Desa Literasi merupakan kolabirasi dari beberapa komponen yang ada di Masyarakat Desa yang saling bersinergi untuk mengembangkan minat dan budaya membaca juga menulis di Masyarakat Desa Gampingan.

Desa Gampingan dengan Perpusdenya berkembang menjadi sebuah Desa  yang tingkat literasi semakin meningkat, di tahun ini bebagai prestasi yang diraih oleh Perpusdesnya baik diajang provinsi maupun Nasional menjadikan Desa Gampingan sebagai contoh dari Desa lainya untuk pengembangan Desa Literasi.

Inovasi

Pemberdayaan Masyarakat dengan Program Literasi Desa

Proses

Gampingan Gemar Membaca (GGM) adalah tagline dari Pepusdes yang mereka pilih untuk menumbuhkembangkan minat membaca dan menulis di Desa Gampingan, hingga saat ini jumlah pengunjung di Perpusdes Gampingan rata – rata sudah mencapai 20 sampai 30 orang setiap harinya dengan semakin banyaknya koleksi buku dan fasilitas yang ada, perpusdes gampingan buka mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB kecuali hari  Minggu dan Hari libur nasional.

Di  Desa Gampingan Perpusdes berkembang pesat dengan program unggulanya yaitu program Pojok Baca, meliputi pojok baca edukasi berbasis lingkungan, Pojok Baca Kreasi, Pojok Baca Wanita Kreatif, Pojok Baca Pesona Toga. Dan yang terakhir Pojok Baca di Wisata Panjat Tebing Lembah Kera dan Keramba Ikan Dempok ( Lembah Literasi) akan semakin medekatkan budaya literasi pada masyarakat.

Sebagai kepanjangan tangan dari Perpudes Desa Gampingan ada enam taman baca yang tersebar di beberapa RT dan  satu Rumah Pintar yang bisa menopang pengembangan Terwujudnya Desa Literasi.

Rekomendasi

Peningkatan peran pemerintah Desa dalam mensupport kegiatan tersebut agar semakin di tingaktkan pada pos Anggaran Dana Desa di tahun mendatang

Pendanaan

Swadaya Anggota, Swadaya Masyarakat, APBDesa

Contact Person : 082245456636 ( Atul Choiriyah )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here