Desa Wisata Watu Rejo Berbasis PKK

0
238

Ringkasan

Keberhasilan program PKK Desa Waturejo, Kecamatan Ngantang tentang kebersihan, kesehatan, membangun ruang publik untuk berkumpul warga dapat dipergunakan untuk destinasi wisata edukasi.

Latar Belakang

Desa Waturejo, Kecamatan  Ngantang merupakan salah satu desa yang mempunyai potensi dan kearifan lokal yang subur, termasuk  hidup bergotong royong. Potensi itu menjadi moda lpenguatan tim penggerak PKK dalam menerapkan program PKK .

Program PKK yang telah dijalankan antara lain; mematikan rokok sebelum masuk rumah, membangun beberapa  gasebo (pondok) sebagai tempat bertukar pendapat, mencuci tangan sebelum masuk rumah, serta program KRPL ( Kawasan Rumah Pangan Lestari ).

Keberhasilan program PKK ini menjadikan Desa Waturejo sebagai desa yang bersih, sehat, dan dinamis membangun partisipasi masyarakat lewat musyawarah.

Atas keberhasilan itu, muncul ide untuk memanfaatkan dan melestarikannya. Ide menarik yang ditangkap adalah menjadikan keberhasilan program PKK ini menjadi destinasi wisata edukasi.

Inovasi

Keberhasilan program PKK dalam bentuk pemberdayaan masyarakat dirancang dan dilaksanakan sebagai destinasi wisata edukasi. Hal ini menunjukkan bahwa wisata tidak hanya berbasis pada alam dan bangunan yang sifatnya fisik.

Proses

Sebelum dilaksanakan  kegiatan ini warga dikumpulkan untuk musyawarah yang dipimpin Kepala Desa beserta lembaga desa. Lembaga desa termasuk PKK dilibatkan untuk menyampaikan beberapa program yang akan di laksanakan.

Berdasarkan musyawarah  dihasilkan kesepakatan bahwa pelaksnaan program ini  dapat ditindak lanjuti. Maka disusun tim dengan tujuan agar kegiatan ini sgera dilaksanakan. Dengan  adanya kepedulian warga dan kegotongroyongan  merupakan salah satu aset  yang sangat penting, ini terbukti adanya gasebo setiap RT dibangun atas swadaya masyarakat sendiri disamping program lainnya pendanaan dari Dana Desa atau ADD.

Untuk memenuhi kebutuhan bibit tanaman atau sayuran setiap anggota PKK diwajibkan untuk piket memelihara tanaman di green house agar kebutuhan bibit tanaman itu dihasilkan dari pembibitan dari green house, sedangkan pengadaan air bersih untuk cuci tangan masing- masing rumah menyediakan sendiri atau swadya. Termasuk asbak  di luar rumah.

Atas keberhasilan program tersebut, untuk pemanfaatan dan pelestariannya digagas dan ditetapkan program baru berupa pencanangan destinasi wisata berbasis kegiatan PKK.

Hasil Kegiatan

Hasil kegiatan yang berbasis PKK  Desa Waturejo , Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang antara lain:

  • Berubahnya kebiasaan warga masyarakat untuk berkehidupan sehat.
  • Terciptanya suasana asri di lingkungan desa.
  • Terbiasanya warga untuk berembuk  ( Jagong maton ) di gasebo
  • Terpilihnya Desa Waturejo sebagai DESA WISATA berbasis PKK
  • Salah satu desa sebagai tempat study banding dari dalam dan luar kabupaten Malang
  • Di Louncingkannya sebagai Desa Wisata  Berbasis PKK oleh Bp. BUPATI MALANG TH 2018

Pembelajaran

Pelaksanaan kegiatan di Desa Waturejo yaitu tentang kesadaran akan kesehatan, dan program KRPL  telah memberikan banyak pembelajaran penting bagi masyarakat . Adapun pembelajaran yang dapat diambil dalam pelaksanaan program ini antara lain sebagai berikut :

  • Secara nyata telah merubah kebiasaan warga masyarakat untuk berkehidupan sehat.
  • Terbentuknya rasa kecintaan terhadap lingkungan sekitar yang bersih indah dan asri.
  • Masyarakat Desa Waturejo telah menyadari bahwa kegotong royongan serta kebersamaan  masih menjadi tradisi desa.
  • Musyawarah menjadi wadah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di desa.
  • Keberhasilan program PKK menjadi inspirasi untuk destinasi wisata edukasi.

Rekomendasi

Dengan keberhasilan program yang berbasis PKK ,TIM penggerak PKK  bersama Pemerintahan Desa serta seluruh elemen , menyusun rencana tindak lanjut untuk menguatkan program PKK sebagai destinasi wisata, sebagai berikut:

Direncanakan untuk melakukan penambahan volume air minum di karenakan  pada musim kemarau volume  air menurun. Oleh karena itu diperlukan study kelayakan tentang keberadaan sumber air yang lain.

Direncanakan akan dilakukan pelatihan khususnya kepada UMKM dalam rangka memberi  bekal ketrampilan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan.

Pelaku

  • Seluruh unsur Pemerintahan Desa Waturejo
  • Seluruh Elemen Masyarakat Desa Waturejo

Pendanaan

APBDesa yang bersumber dari Dana Desa Waturejo serta swadaya Masyarakat

Kontak Informasi

Desa Waturejo, Kec.Ngantang Kab.Malang (+62 812-3139-0028)

TPID  Kec. Ngantang  :

tiyoozil@Gmail.com

dhona.tito29@Gmail.com

titiksetyowati3@Gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here