Ekonomi Kreatif Berbasis Keterampilan Masyarakat Desa Tamanharjo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

0
457

JUDUL INOVASI: Pelatihan Peningkatan ketrampilan Ekonomi Produktif bagi Masyarakat.
PENGELOLA: BUMDES TAMANHARJO BERSINAR
LOKASI: DESA TAMANHARJO, KECAMATAN SINGOSARI, KABUPATEN MALANG
KONTAK: NOER HAMBALI
NOMOR TLP/HP: 083835321494

Salah satu tantangan era globalisasi adalah persaingan ekonomi yang mengarah pada pasar bebas. Tantangan ini harus mampu dijawab oleh masyarakat desa dengan kekuatan produksi produk masyarakat desa yang berdaya saing. Di Desa Tamanharjo para ibu-ibu menghadapi tantangan globalisasi tersebut dengan kreatif. Mereka berkumpul untuk berlatih diri sebagai upaya untuk membuat produk unggulan inovatif dari Desa Tamanharjo.

Adapun salah satu kreativitas yang sedang digeluti oleh para perempuan Desa Tamaharjo saat ini adalah produk makanan ringan. Dari produksi tersebut mereka mendistribusikan barang dengan dibantu oleh Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Tamanharjo Bersinar dan BUM Desa Bersama “Singosari Smart.” Adanya jejaring badan usaha ini diharapkan mampu membantu produksi masyarakat untuk dapat dipasarkan.

Selain adanya kerjasama badan usaha untuk kegiatan pemasaran, kelompok perempuan Desa Tamanharjo juga dibantu dengan pemerintah desa. Pemerintah memberikan bantuan berupa dana desa agar kegiatan tersebut dapat bergerak dengan produktif. Selain itu, jejaring kelembagaan juga dibangun untuk meningkatkan kapasitas para pelaku produksi. Diantaranya adalah melakukan kerjasama dengan Balai Latihan Kerja Wonojati dan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. (uvi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here