Emansipasi Karang Taruna dalam Upaya Pelestarian Usaha Daur Ulang Sampah Menjadi Costume Player (cosplay)

0
80

Ringkasan

Penciptaan Costum Player (cosplay) oleh Karangtaruna Desa Wonomulyo, Kecamatan Poncokusumo yang mendayagunakan kreatifitas anggota Karangtaruna dengan memanfaatkan limbah yang banyak terdapat di desa ini.

Cosplay yang berhasil diciptakan, disamping memiliki nilai pelestarian lingkungan hidup, juga memiliki nilai seni, dan nilai ekonomi untuk menambah pendapatan Karangtaruna.

Latar Belakang

  • Pasar Poncokusumo yang masuk dalam cakupan wilayah Desa Wonomulyo
  • Banyak limbah sampah yang bermacam-macam jenisnya yang tidak dimanfaatkan menjadi barang berguna.
  • Adanya tantangan kreatifitas, pengangguran dan pendapatan Karangtaruna yang dirasa penting untuk kemajuan organisasi karangtaruna
  • Pada tahun 2016-an ada ide kreatif berupaya mendaur ulang sampah menjadi costume player ala kartun-kartun jepang yang ada di televisi
  • Posisi Cosplay Arkipas yang berada dalam naungan karangtaruna yang semakin progresif perlu diperkuat dengan hadirnya peran pemerintah desa agar hubungan organisasi karangtaruna dapat menjadi lebih baik
  • Terjalinnya kerjasama yang baik dengan berbagai penyewa kostum yang berasal dari komunitas/kelompok di wilayah Kecamatan Poncokusumo maupun Malang Raya dalam rangkaian acara karnaval maupun Malang Flowers Carnival yang bertaraf Internasional.

Inovasi

Mengolah limbah sampah dengan memanfaatkan kreatifitas yang dimiliki anggota Karangtaruna menjadi barang bernilai seni dan bernilai ekonomis dalam bentuk cosplay.

Pembelajaran

Limbah menjadi barang yang bermanfaat dan ekonomis di tangan orang yang memiliki ide kuat dan kreatifitas yang terampil.

Rekomendasi

  • Pemanfaatan sampah untuk barang yang bermanfaat, disamping ikut memelihara ligkungan juga dapat menghasilkan karya seni dan nilai ekonomi.
  • Pengelolaan seumber daya yang tepat menjadi pemacu terciptanya nilai kreatifitas dan nilai ekonomi.
  • Keterlibatan pemerintah desa merupakan dorongan penting bagi pembangunan seni budaya, ekonomi, dan lingkungan dengan mendayagunakan sumber daya kretaif.

Pelaku

Karang Taruna pemuda pemudi, Cosplay Arkipas

Pendanaan

APBDesa dan swadaya

Kontak Informasi

Hadi Sutikno (Koordinator Cosplay Arkipas):

Copyrights: TPID Kec. Poncokusumo

Kontributor: Pendamping Desa Kec. Poncokusumo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here