GERAKAN PEDULI BERSAMA JIWA SEHAT MELALUI TELECONFERENCE PEMERIKSAAN ODGJ

0
298

JUDUL INOVASI: GERAKAN PEDULI BERSAMA JIWA SEHAT TELECONFERENCE PEMERIKSAAN ODGJ MENUJU KEC. SINGOSARI BEBAS PASUNG
PENGELOLA: POSYANDU JIWA “GARDU SAWAH”
LOKASI: DESA WONOREJO, KECAMATAN SINGOSARI, KABUPATEN MALANG
KONTAK: SITI AMINAH
NOMOR TLP/HP: 082331544775

Sehat adalah keadaan sejahtera ,fisik mental dan sosial yang tidak sekedar terbebasdari keadaan cacat dan kematian. Definisi sehat ini berlaku bagi perorangan maupun penduduk desa. Salah satu jenis kesehatan adalah kesejatan jiwa. Kesehatan jiwa merupakan suatu kondisi mental sejahtera yang memungkinkan hidup harmonis dan produktif sebagai bagian yang utuh dari kualitas hidup seseorang dengan memperhatikan semua segi kehidupan manusia dengan ciri menyadari sepenuhnya kemampuan dirinya, mampu menghadapi tekanan hidup yang wajar, mampu bekerja produktif dan memenuhi kebutuhan hidupnya, dapat berperan serta dalam lingkungan hidup, menerima dengan baik apa yang ada pada dirinya, merasa nyaman bersama dengan orang lain.

Desa Wonorejo adalah salah satu desa yang kini sedang fokus pada layanan kesehatan jiwa. Melalui Posyandu Jiwa Gardu Sawah layanan kesehatan jiwa di Desa Wonorejo dapat terlaksana. Adapun tujuan dari Posyandu ini adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi masyarakat desa. Melalui Posyandu ini anggota masyarakat desa wonorejo mampu merawat anggota masyarakat lainnya yang mengalami gannguan jiwa secara mandiri melalui penerapan konsep dan prinsip menejemen keperawatan komunitas kesehatan jiwa.

Dalam teknisnya, kegiatan layanan kesehatan disusun berdasarkan perencanaan, pertama Kader mempelajari buku pedoman deteksi keluarga. Kedua, Mempelajari tanda tanda orang/keluarga yang beresiko mengalami masalah psikososial atauorang/keluarga yang mengalami gamngguan jiwa., Ketiga, mengidentifikasi orang/keluarga yang diduga mengalami resiko masalah Psiko sosial /gangguan jiwa. Keempat, Melakukan kontrak atau janji untuk bertemu Pasien/keluarga.

Adapun Sumber Dana pelaksanaan kegiatan sementara bersumber dari Dana desa dan dari sumber lain yang tidak mengikat seperti Hibah dan program dari Pemerintah Daerah. Selain itu, layanan ini juga ditunjang dengan jejaring institusi layanan kesehatan, diantaranya kerjasama dengan Rumah sakit Jiwa Lawang,Puskesmas Ardimulyo,Pemerintah Desa Wonorejo dan Kader Posyandu Jiwa dan Instansi terkait.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here