Kampung Mandiri Energi

0
116

Ringkasan

Biogas Skala Rumah Tangga (BSRT) adalah salah satu produk unggulan Kelompok Tani Usaha Maju II Desa Argosari, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang yang dikembangkan sebagai sumber energi alternative pengganti kayu bakar yang biasa digunakan masyarakat sebagai bahan bakar memasak.

Latar Belakang

Kebutuhan kayu bakar di desa untuk memasak cukup besar. Kelompok Tani Usaha Maju II pernah melakukan survei di beberapa desa yang masyarakatnya masih menggunakan kayu bakar sebagai energi memasak. Hasilnya, setiap rumah tangga pertahun membutuhkan 90 pikul, atau 22,5 m3 atau 4 batang pohon usia 5-7 tahun.

Fakta itu menjadi ancaman terhadap lingkungan hidup terutama keberadaan hutan di sekitar desa.

Inovasi

Biogas Skala Rumah Tangga (BSRT) yang dikembangkan Kelompok Tani Usaha Maju II adalah teknologi tepat guna sebagai sumber energi alternatif yang sangat sederhana dan murah sehingga terjangkau oleh masyarakat berpendapatan rendah seperti petani dan peternak kecil yang hidup di pedesaan. Produk ini  diharapkan mampu mengurangi tekanan masyarakat terhadap hutan.

Proses

  1. Kelompok Tani Usaha Maju II membangun instalasi BSRT.
  2. Untuk memacu perkembangan BSRT ini, ada beberapa cara yang telah ditempuh Kelompok Tani Usaha Maju II untuk melakukan pembiayaan. Akan tetapi yang paling efektif adalah skema arisan dan yarnen (bayar panen), suatu sistem yang memang sudah sangat akrab bagi masyarakat perdesaan.

Hasil

  1. Tahun 2009 berhasil terbangun 13 unit di desa Argosari dan 4 unit di luar desa di wilayah Kecamatan Jabung.
  2. Total instalasi biogas yang berhasil dikembangkan Kelompok Tani Usaha Maju II sampai saat ini berjumlah 25 unit digunakan oleh 28 Kepala Keluarga, 21 unit di Desa Argosari dan 4 unit di desa lain di wilayah Kecamatan Jabung, Malang.

Pembelajaran

  1. Kebutuhan energi dalam bentuk biogas dapat dibangun dan dikelola masyarakat secara mandiri.
  2. Pembiayaan operasional lebih efisien dengan sistem bayar panen, sehingga masyarakat tidak merasa keberatan mengeluarkan dana untuk pembuatan biogas skala rumah tangga.

Rekomendasi

Sosialisasi mengenai keuntungan penggunaan biogas skala rumah tangga perlu dilakukan secara terus menerus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Kontak Informasi

Muhammad Slamet, Ketua Kelompok Tani Usaha Maju II 2008-2012. Dusun Bendrong, RT/RW : 30/05 Desa Argosari, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang

(HP: 03419902339 – 085755318588)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here