Musyawarah Desa di Lokasi Kegiatan dalam Mendongkrak Swadaya Pembangunan di Desa Kucur

0
66

Latar Belakang:

Desa  Kucur, Kecamatan Dau, terdiri dari 37 RT dan 11 RW, luas wilayah 717 Ha. Jumlah penduduk laki-laki  3.009 dan perempuan 2.977, total penduduk  5.986 orang, dengan 1.908 kepala keluarga. Sebagian besar mata pencaharian petani ladang dan perkebunan.

Perencanaan pembangunan partisipatif selalu mensyaratkan kehadiran berbagai unsur. Partisipasi di Desa Kucur, sangat dibutuhkan karena pembangunan sering kali membutuhkan biaya yang jumlahnya jauh dari dana yang disediakan.

Masalahnya, musyawarah sering kali dihadiri oleh masyarakat dengan jumlah dan perwakilan yang kurang representatif. Karenanya, di Desa Kucur yang wilayahnya luas itu, digagas musyawarah tidak selalu di Balai Desa.

Inovasi:

Mendekatkan musyawarah desa dengan masyarakat di lokasi yang berdekatan dengan masyarakat. Sehingga partisipasi menjadi tingggi yang berdampak pada swadaya yang tinggi pula.

Proses:

  • Musyawarah diselenggarakan di lokasi kegiatan; membahas kegiatan dan pendanaan, salah satunya bersumber dari swadaya.
  • Menyepakati jumlah swadaya sebagai partisipasi masyarakat, bentuk swadaya: material, tenaga, dan konsumsi..

Hasil:

Kegiatan tahun 2017 pembangunan Balai Desa membutuhkan Rp700.000.000, desa hanya memiliki anggaran Rp100.000.000. Swadaya muncul untuk terlaksana pembangunan tersebut.

Kegiatan Tahun 2017 terkumpul swadaya tercatat dalam APBDes 2017 Rp223.514.000, sedangkan untuk tahun anggara 2018 terkumpul swadaya tenaga kerja Rp95.527.100.

Pembelajaran:

  • Musyawarah Desa bisa kita lakukan dimana saja termasuk dilokasi kegiatan.
  • Mendorong partisipasi masyarakat sebagai bentuk rasa memiliki.

Rekomendasi:

Musyawarah sebaiknya dilakukan dilokasi kegiatan dengan melibatkan sebanyak banyaknya orang, laki laki maupun perempuan, tua dan Muda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat biasa kaya maupun miskin. Menganalisis masalah sekaligus menyelesaikannya pula.

Pengelola:

Pemerintah Desa Kucur

Lokasi/alamat:

Desa  Kucur, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur 

Kontak Informasi:

Kepala Desa Kucur, Abdul Karim (081333127333), dan admin@desakucur.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here