PAOD : Pelayanan Administrasi Online Desa

0
258

Ringkasan

Pelayanan Administrasi Online Desa (PAOD) Pandanlandung merupakan pelayanan administrasi kependudukan yang dapat diakses secara online oleh masyarakat Pandanlandung. PAOD juga dipergunakan untuk pengarsipan dan update data penduduk. PAOD dibangun melalui perencanaan desa dan dikerjakan oleh TIM Pelaksana Kegiatan yang melibatkan Perguruan Tinggi mitra.

Latar Belakang

Desa Pandanlandung Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, berdasarkan data bulan Mei 2018 memiliki jumlah penduduk sebanyak 9.276 orang atau … KK. Jumlah penduduk yang cukup besar bagi sebuah desa.

Penduduk desa Pandanlandung tidak hanya tinggal di desa, tetapi juga berada di luar desa, misalnya boro kerja, dan menjadi TKI. Namun data tersebut tertulis secara manual dalam buku register desa.

Untuk mempercepat dan mempermudah proses pelayanan administrasi penduduk, serta mempermudah pengarsipan perlu dibangun sistem pelayanan yang dapat diakses dari berbagai tempat (tidak harus datang ke Kantor Desa).

Desa Pandanlandung memiliki potensi sumberdaya manusia untuk membangun, dan mengoperasikan sistem pelayanan administrasi berbasis IT (3 orang operator desa).

Desa Pandanlandung memiliki jaringan kerja dengan Perguruan Tinggi (Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia-Malang) yang dapat mengirim Dosen atau Mahasiswanya untuk membangun dan merawat sistem pelayanan administrasi penduduk secara online.

Inovasi

Pelayanan Administrasi Online Desa mengubah pelayanan manual yang mengharuskan kehadirannya ke Kantor Desa, dapat diurus dari tempat tinggal penduduk. Serta tata kelola arsip kependudukan desa dapat di update setiap saat.

Proses

Ide pelayanan administrasi berbasis IT sudah menjadi bagian perencanaan pembangunan desa Pandanlandung, diusulkan, dibahas, dan disepakati dalam musyawarah desa perencanaan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Pandanlandung 2013-2019.

Pembangunan pelayanan administrasi penduduk berbasis IT desa Pandanlandung diputuskan dalam musyawarah desa untuk direalisasikan tahun 2018 dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) T.A. 2018. Serta mendapat pembiayaan dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

Dibentuk TIM Pelaksana Kegiatan, TIM Pelaksana Kegiatan terdiri dari penyusun alur sistem (flowchart), pengumpul data, programmer (eksekutor flowchart dan desain tampilan), dan sistem analis dengan Standard Operation Procedure (SOP) untuk mengatur tata kelola sistem yang telah disepakati yang didesain secara online.

TIM bertugas merencanakan kegiatan, membagi tugas dan kegiatan anggota TIM, mengkoordinir dan memantau kegiatan pembangunan sistem pelayanan administrasi penduduk. Pengerjaannya dilakukan dengan berkolaborasi antara operator desa dan Perguruan Tinggi yang telah bekerjasama dengan desa Pandanlandung.

Data kependudukan dari Dispendukcapil diintegrasikan dan diverifikasi untuk menghasikan data kependudukan yang akurat, oleh TIM bersama Pemerintah Desa.

Sistem Pelayanan Administrasi Online Desa siap dioperasionalkan, ditetapkan dengan peraturan desa, disosialisasikan kepada masyarakat, dan menunjuk seorang operator dengan surat keputusan Kepala Desa.

Sistem pelayanan administrasi online desa siap beroperasi, dengan manfaat masyarakat dapat mengurus administrasi kependudukan menggunakan android atau peralatan IT lainnya, atau datang ke Kantor Desa agar dibantu operator, arsip surat tertata secara digital, dan data kependudukan terupdate secara otomatis.

 

Pembelajaran

Pelayanan administrasi online desa dapat mengefektifkan, mengefisienkan pengurusan administrasi bagi masyarakat maupun pemerintah desa, serta mengarsip surat menyurat secara digital, dan terupdate secara otomatis.

Rekomendasi

Perlu direncanakan secara bertahap dalam tata kelola pembangunan desa.

Dibutuhkan penguatan SDM desa (operator dan administrator desa) untuk ikut serta membangun dan merawat sistem pelayanan administrasi online, dan dapat bekerja sama dengan Perguruan Tinggi yang memiliki kapasitas bidang IT.

Pendanaan

Dana Desa Tahun 2017

Kontak Informasi

Kontak Person:

Bagus Sadewa (Operator Desa Pandanlandung)081 334 939 303 (Tlp dan WA)

Wiroso Hadi ( Kepala Desa Pandanlandung )    081 252 688 718

 

Copy right: TPID Kecamatan Wagir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here