Penanganan ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa) Partisipatif di Kecamatan Bantur

0
704

Nama Inovasi Penanganan ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa) Partisipatif di Kecamatan Bantur
Pengelola Puskesmas Bantur
Lokasi Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang
Kontak Person Subagijono
Telepon / HP

 

Bantur adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Malang yang terdiri dari 10 desa dengan luas keseluruhan 90,08. Adanya pandangan negatif dan terpinggirkan pada orang gila di daerah Bantur sering kali membuat mereka terpaksa disembunyikan, bahkan dipasung karena dianggap memalukan dan membahayakan. Hal tersebut pernah terjadi di lima desa, tepatnya di Desa Sumberbening, Desa Bandungrejo, Desa Bantur, Desa Wonorejo dan Desa Srigonco.

Tahun 2011 pun, Soebagijono (49) memantapkan niat untuk membebaskan keadaan ODGJ. Ia tidak kenal putus asa untuk menghadapi tantangan baik dari keluarga atau masyarakat.  Sosialisasi terus ia lakukan kepada masyarakat dan keluarga. Hingga tahun 2012, upaya yang dilakukan membuahkan hasil, sebanyak 18 ODGJ terbebas dari pemasungan. Sejak saat itu kepedulian masyarakat mulai tampak terlihat.

Mereka mendirikan layanan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) jiwa, ditangani kader jiwa dengan tugas pendampingan dan pengawasan terhadap ODGJ. Para kader jiwa posyandu terpanggil hatinya dan bersemangat meangani ODGJ, mereka bekerja dengan sukarela tanpa memeroleh gaji. Saat ini jumlah ODGJ yang mendapat dampingan dan layanan sebanyak 196 orang dengan rincian Desa Bantur (73 orang), Desa Bandungrejo (63 orang), Desa Srigonco (29 orang), Desa Sumbermanjing (24 orang) dan Desa Wonorejo (15). (DY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here