Pengeloaan Sampah Inovatif melalui TPST di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang

0
377

Nama Inovasi Pengeloaan Sampah Inovatif melalui TPST
Pengelola BUM Desa Ngabab
Lokasi Desa Ngabab, Kecamata Pujon, Kabupaten Malang
Kontak Person Ketua BUM Desa Ngabab
Nomor Hp/Telephon
Jabatan Ketua BUM Desa Ngabab

Sampah telah menjadi persoalan kompleks yang terjadi dimanapun, bahkan termasuk di desa. Tidak jarang sampah menjadi faktor dari terjadinya banjir dan pencemaran tanah. Namun tidak dengan Desa Ngabab. Di desa ini, sejak tahun 2016 telah membentuk pengeloaan sampah inovatif melalui Tepat Pengolahan Sampah Inovatif Dwarowati.

TPST Dwarowati berdiri karena di latar belakangi oleh kegelisahan masyarakat yang melihat sampah sebagai penyebab tersumbatnya air di selokan. Awalnya di tahun 2007-2008 pemerintah desa telah mencoba mengeluarkan solusi dengan mengumpulkan sampah, namun hal tersebut tidak berlanjut. Barulah kemudian pada tahun 2016 Pemerintah Desa Ngabab berinovasi untuk mendirikan TPST Dwarowati.

Di TPST ini sampah dari masyarakat di kumpulkan untuk kemudian di pilah, mana sampah organik dan anorganik. Sampah anorganik, seperti plastik dan kertas,  dikumpulkan untuk kemudian di jual. Sedangkan sampah organik dikumpulkan lalu diolah menjadi pupuk kompos. Pupuk ini kemudian dapat dipergunakan masyarakat untuk menyuburkan tanamannya. Dimana di desa ini sebagian besar masyarakatnya bercocok tanam.

Keberadaan TPST telah dirasakan oleh masyarakat desa. Karena itu, masyarakat sangat mendukung keberadaan TPST yang dikomandoi oleh Badan Usaha Milik Desa Ngabab. Berdirinya TPST ini merupakan alokasi dari Dana Desa dan Anggaran Dana Desa Ngabab. Di TPST sendiri terdapat 11 orang pekerja. Sehingga selain dapat menguraikan persoalan sampah, TPST ini menjadi lapangan kerja baru bagi masyarakat desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here