Peningkatan Perekonomian Desa di Berbagai Sektor Strategis dengan BUM Desa di Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang

0
345

Nama Inovasi BUM Desa Sukowilangun
Pengelola Koperasi BUM Desa Sukowilangun
Lokasi Desa Sukowilangun, Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang
Kontak Person Imam Syafi’i
Jabatan Ketua Koperasi

 

Desa Sukowilangun terdapat di Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang. Desa dengan 5942 penduduk. Secara administratif desa ini terbagi menjadi 4 Dusun dengan delapan Rukun warga (Rw) dan 47 Rukun tetangga (Rt). Sedangkan secara demografis, Desa ini merupakan daerah perbukitan dengan dataran tinggi.

Guna meningkatkan perekonomian desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Sukowilangun dibawah kepemimpinan Kepala Desa Slimuryanto, membentuk Badan Usahan Milik Desa (BUM Desa) yang bergerak pada peningkatan sektor perekonomian strategis desa.

BUM Desa yang diketuai oleh Imam Syafi’I ini mempunyai enam Bidang Usaha. Yaitu: Simpan Pinjam, Jasa, Pertanian, Perikanan, Pasar Desa, Pasar Desa, dan Industri Rumah Tangga, serta tiga unit usaha lain yaitu: Bank Sampah, perikadan dan Pertanian dalam hal ini Budidaya Sayur Organik.

Adanya BUMDesa ini sangat besar dampaknya bagi masyarakat desa. Seperti halnya Bank Sampah yang membaut sampah dari barang tak berharga mempunyai nilai ekonomis yang dapat membantu kebutuhan hidup warga, atau pada Unit Perikanan, dimana BUMDesa membantu fasilitas jaring apung dan jaring sekat untuk meningkat hasil perikanan pada masarakat sekitar. Hadirnya Layanan Simpan-Pinjam juga sangat membantu permodalan usahan masyarakat desa Sukowilangun untuk meningkatkan hasil usahanya. (MAF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here