POSBINDU ( Pos Pembinaan Terpadu ) Desa Karangkates, Kec. Sumberpucung dengan Pemberdayaan Sampah Sebagai Alat Tukar Kesehatan “Dari Masyarakat Oleh Masyarakat dan Untuk”

0
74

 

Ringksan

Kegiatan ini berupa pemeliharaan kesehatan masyarakat dengan pembiayaan operasional dari pengelolaan sampah. Dikelola oleh kelompok masyarakat yang menamakan diri Pos Pembinaan Terpadu (POSBIDU) yang berada di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung.

Latar Belakang

Kepedulian pada lingkungan salah satunya dengan mengurangi sampah. Jenis sampah yang dapat didaur ulang merupakan peluang untuk dijadikan komoditi. Desa Karangkaters, Kecamatan Sumberpucung berupaya menangkap peluang itu.

Sementara, di Desa Karangkates juga memiliki komunitas yang bergerak pada bidang kesehatan. Komunitas ini terwadahi dalam Pos Pembinaan Terpadu (Posbidu). Pengelolaannya didanai dari puskesmas dan dana desa. Namun, operasional dan pengadaan peralatan, masih membutuhkan pungutan dari masyarakat.

Nah, apa kaitannya antara sampah dan Posbidu? Jawabnya, Posbidu menggunakan sampah yang dapat didaur ulang sebagai alat pembayaran. Masyarakat yang periksa kesehatan ke Posbidu untuk membayar layanan berupa sampah.

Inovasi

Penggunaan sampah sebagai alat tukar untuk pemeriksaan kesehatan, agar masyarakat sadar pentingnya kebersihan, dan biaya dapat dijangkau oleh setiap warga, terutama yang kurang mampu.

Proses Kegiatan POSBINDU

  1. Posbidu memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, terutama kepada masyarakan kurang mampu dan lansia,
  2. Masyarakat yang memperoleh layanan Posbidu harus membayar dengan alat tukar berupa sampah yang dapat didaur ulang,
  3. Hasil sampah sebagai alat tukar dikelola oleh Posbidu,
  4. Dana yang diperoleh dari pengelolaan sampah dipergunakan tambahan operasional: pengadaan alat pemeriksaan kolesterol, gula darah dan asam urat.

Hasil/Capaian

Hasil atau Capaian dari pelayanan Posbindu adalah :

  1. Memperlambat angka kematian kelompok masyarakat lansia
  2. Meningkatkan pelayanan kesehatan kelompok masyarakat lansia
  3. Meningkatkan kemampuan kelompok masyarakat lansia untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dari kegiatan-kegiatan lain yang menunjang kemampuan hidup sehat.
  4. Pendekatan dan pemerataan pelayan kesehatan pada kelompok masyarakat lansia dalam usaha meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan pada penduduk berdasarkan letak geografis.
  5. Meningkatkan pembinaan dan bimbingan peran serta kelompok masyarakat lansia dalam rangka alih teknologi untuk swakelola usaha-usaha kesehatan masyarakat .

 Pelaku POSBINDU

Pada Kegiatan ini, Pelaku di Masyarakat adalah sebagai berikut:

  1. Kader Posbindu
  2. Karang taruna
  3. Petugas Kesehatan
  4. dan Kelompok-kelompok masyarakat lainya.

Pendanaan

Kegiatan ini menggali dana dari masyarakat melalui pengelolaan sampah yang dikumpulkan masyarakat, selain itu Pendanaan juga dari Puskesmas dan juga ada dari Dana Desa untuk anggaran tahun 2018.

Kontak Person

  • Edwin ( Pengelola Posbindu Desa Karangkates)
  • 0856-5593-8380

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here